RSS

Struktur Tabel Tembez Keripik Tela Balado, Secara Akuntansi

24 Apr

Nah kali ini saya akan memposting tugas SIA (Sistem Informasi Akuntansi), Setelah mengadakan survey ke tempat usaha. kami ditugaskan untuk membuat laporan Analisis dan selanjutnya tahap design tabel. Postingan sebelumnya sudah membahas tentang Flowchart Dokument sistem yang ada pada usaha Keripik tersebut. setelah flowchart Dokument yaitu tabel Conteks Diagram dan DFD, Nah kali ini adalah Struktur Tabel yang meliputi Tabel Data yang ada dalam proses kegiatan.

Untuk Lebih jelasnya adalah sebagai berikut.

STRUKTUR TABEL

clip_image002

Keterangan :

Struktur Tabel yang terdapat di dalam proses produksi pada usaha Tembez Keripik Tela Balado terdapat tabel-tabel yang saling berhubungan. Yang terdapat nya terdapat field-field yang diperlukan unttuk Sistem Informasi yang dirancang. Tabel-Tebal tersebut mendukung dalam proses perhitungan akutansi yang akan dilakukan. Untuk Struktur Tabel yang dimiliki memiliki 11 Tabel.

1. Tabel User

Tabel user memiliki field-field ID_User, Nama_User, Alamat_User, Telp_User, Jabatan_User, field-field tersebut digunakan untuk memenuhi data yang ID_User sebagai primary key untuk relasi ke Table pembelian. Karena user akan menginputkan data pembelian.

2. Tabel Pembelian

Kode_Barang, Kode_Suplier, Tgl_Pembelian, Harga_Beli, Total_Pembelian, No_Nota_Pembelian, ID_User, pada tabel pembelian ini memiliki primery key Kode_Barang, yang direlasikan dengan tabel barang. Karena dalam proses pembelian yang dibeli adalah barang jadi direlasikan ke tabel barang.

3. Tabel Barang

Kode_Barang, Nama_Barang, Tgl_Pembelian, Harga_Jual, Stock_Barang. field-field yang terdapat dalam tabel barang yang Kode_Barang adalah sebagai primery key yang digunakan untuk menghubungkan dengan tabel penjualan. Barang yang yang sudah diolahlah dimaksudkan adalah produk yang dijual. Prosuk yang telah diolah dengan membedakan kode barangnya.

4. Tabel Penjualan,

ID_User, ID_Pelanggan, Kode_Barang, No_Nota_Pelanggan, Harga_Jual, Total_Penjualan, field-field yang terdapat didalam tabel penjualan akan direlasikan ke dalam tabel user. Karena user melakukan transaksi penjualan prosuk yang sudah diolah sehingga, dibutuhkan tabel user untuk hak acces untuk data penjualan.

5. Tabel Suplier

Kode_Suplier, Nama_Suplier, Alamat_Suplier, Kota_Suplier, Telepon_Suplier, data suplier yang ada digunakan untuk mencatat asal bararng baku yang didapat dan pencatatan pengeluaran biaya. Tabel suplier direlasikan ke tabel pembelian yang dimiliki Kode_Suplier sebagai priimery ker untuk relasinya.

6. Tabel Data Pelanggan

ID_Pelanggan, Nama_Pelanggan, Telp_Pelanggan, Alamat_Pelanggan. Tabel pelanggan memiliki field-field tersebut digunakan untuk pemasaran dan proses pencatatan pelanggan yang sudah membeli produk yang telah dibuat. Tabel pelanggan direlasikan ke tabel penjualan. Karena data penjualan diperlukan untuk mencatat data-data yang sudah dijual dan diperlukan laporan data pelanggan yang membeli produk tersebut. Sehingga diperlukan data pelanggan sebagai primery key tabel pelanggan yaitu ID_Pelanggan.

7. Tabel Akun

Pada Tabel Akun field-field yang terdapat adalah ID_Akun, Keterangan, Golongan, Posisi, berfungsi sebagai pengkodean untuk setiap transaki pembelian, penjualan maupun buku besar. Tabel aku di relasikan pada tabel jurnal. Karena jurnal yang dibuat akan memiliki transaksi, dan setiap transaki akan memiliki nomor akun sendiri.

8. Tebel Buku Besar

Nomor, Tanggl, Keterangan, Debet, Kredit field-field yang terdapat dalam tabel buku besar. Digunakan untuk melakukan proses pembuatan buku besar. Tebal buku besar direlasikan dengan tabel jurnal yang telah dibuat.

9. Tabel Jurnal

Field-field nya Nomor, Tanggal, Keterangan, Debet, Kredit digunakan untuk pembuatan laporan jurnal yang inputannya dati data pembelian dan penjualan barang dan produk.

10. Tabel Penerimaan Kas

No_Peneriamaan_Kas, Tanggal, Total_Biaya field field pada penerimaan kas dibuat untuk pencatatan penerimaan kas selama penerimaan biaya produksi dilakukan. Pemasukan-pemasukan hingga nota-nota penerimaan lainnya. Digunakan untuk proses pembuatan jurnal laporan.

11. Tabel Pengeluaran Kas

No_Peneriamaan_Kas, Tanggal, Total_Biaya field-field ini diperlukan untuk pencatatan pengeluaran yang dilakukan oleh pemilik menggunakan modal usaha, sehingga dapat diketahui modal atau biaya diluar produksi. Pengeluaran kas digunakan juga untuk bukti transaki pengeluaran kas lainnya.

 

ERD

 

 

image

Nah Tugas SIA kami sudah selesai tinggal nunggu Nilai …tugas tugas yng saya posting sudah direvisi tinggal pmebenaran pada tabel-table nya saha..

Untuk Laporan analisis tidak saya posting bagi yang ingin saja …hubungi saya saja klau ingin,,,
(gratis kok hehehe)

Semoga Postingan ini bermanfaat,,,,,,,Salam ..^_^

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 24 April 2012 in Umum

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

4 responses to “Struktur Tabel Tembez Keripik Tela Balado, Secara Akuntansi

  1. jefri

    12 Mei 2012 at 5:06 am

    hay dianee,, boleh dunk minta tugas laporan analisis akuntansi lengkapny.. klaw bisa jga dgn laporan CONTEXT DIAGRAM Sistem Informasi Akuntansi Tembez Keripik Tela Balado-ny
    sbgai bahan pembelajaran… ^^
    please send to : jef_fri_s@ymail.com
    thx before.. God bless

     
    • Dianee Chan

      14 Mei 2012 at 2:48 am

      OOOh itu boleh boleh…
      ditunggu yah… soalnya dari dosen ada pembenahan di tabel DFD nya….

      terimakasih sudah berkunjung…..^_^

       
  2. Piccha

    1 September 2013 at 10:18 am

    Boleh minta laporanya yang lengkap ?
    Buat tugas sustem informasi akutansi
    Terima kasih😀

    email: piccha@hotmail.co.id

     
  3. Ian Kaselek

    31 Agustus 2015 at 6:52 am

    mau juga dong…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: