RSS

KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) Pada Permainan Framer Solution

06 Mar

NAMA : IKA NUR DIANTIKA                                 
NIM     : E3110358       
GOL     : B
 MATA KULIAH : KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
1.        Instalasi Permainan

           
Instalasi permainan ini cukup mudah. Download pada alamat http://dimas347.wordpress.com/2009/10/26/kecerdasan-buatan-artificial-intelligence/. Tunggu proses download. Proses Download pada aplikasi ini cukup mudah dan cepat karena size dari aplikasi ini pun cukup kecil sebesar 36,334 MB. Dan dapat di install dalam berbagai macam PC. Jika proses download selesai klik

Gambar

Maka proses instalasi pada PC akan berjalan dan ikuti petunjuk penginstalan. Jika aplikasi selesai diintal dapat di instal hasilnya pada dekstop anda makan disana akan terdapat shoutcut yang memiliki nama Framer Solution.

Gambar

Jika terdapat gambar tersebut maka proses instalasi telah selesai. Selanjutanya jalankan aplikasi Framer Solution tersebut.

 2.        Aplikasi

        Aplikasi Kecerdasan buatan ini bernama Framer Solution. Aplikasi permainan ini cara memainkannya cukup mudah. Caranya dengan mencari jalan keluar seorang Farmer yaitu Petani. Yang memiliki perahu, kambing, serigala dan sayuran. Petani tersebut ingin membawa muatan tersebut untuk menyeberang ke Pulau B. Karena posisi petani bermula di pulau A dan ingin menyeberang ke Pulau B. Sedangkan pada permainan ini memiliki aturan yang tidak begitu saja dapat menyeberangkan dalam sekali muatan saja.Aturannya sebagai berikut:      Petani hanya bisa membawa 1 muatan saja. Misal petani bersama sayuran..      Jangan satungan Objek yang dapat saling memakan.Misal Kambing dengan sayuran hal tersebut tidak berlaku karena kambing dapat memakan sayur.3.      Serigala dengan kambing. Jika disatukan dalam satu perahu atau satu tempat serigala dapat memakan kambing.            Permasalahannya, bagaiman menyelesaikan masalah Petani dengan membantu menyeberangkan bawaannya melalui sungai dengan keadaan selamat dan barang bawaan utuh sampai ke Pulau B.Tool dalam aplikasi ini yang harus dijalankan yaitu :

  1. Kambing menyeberang
  2. Serigala menyeberang
  3. Sayuran menyeberang
  4. Kambing kembali
  5. Serigala kembali
  6. Sayur kembali
  7. Perahu kembali

Seperti pada gambar dibawah ini

Gambar

3.        Cara Menjalankan            Cara menjalankan aplikasi Framer Solution  cukup dengan menjalankan file .exe dari Framer Solution.            Tunggu beberapa saat maka aplikasi akan terbuka. Jalankan permainan dengan perintah yang sudah ada. Cukup meng-klik nomor permainan pada Framer Solution. Dan waktunya mencari solusi untuk mnyelesaikan permainan Framer Solution. Pada saat menjalankan apllikasi ini akan terlihat dalam penggunaan pemikiran masing-masing. Karena permaina ini membutuh kan trik-trik yang tidak terpikirkan sebelumnya.Ingat aturan yang sudah ada. Jangan satukan objek yang dapat saling memakan. Selesaikan permainan dengan aturan yang ada. Permaianan ini akan membututhkan waktu dan pikiran tergantung si pemain. Jika dapat memahami aturan yang sudah ada maka akan membutuhkan waktu yang sedikit untuk menyelesaikannya. Tapi jika tidak memperhatikan aturan permainan yang sudah tertera sebelumnya maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan mungkin akan mengulang-ngulang nomor yang akan di klik dan tentunya tidak menemukan jalan keluar bagi si petani.            Jika si pemain mungkin tidak menemukan jawaban dalam solusi Framer Solution yang dijalankan maka aplikasi ini memberikan solusi dalam menyelesaikan problem tersebut. Caranya dengan meng-klik menu “ SOLUSI” pada frame sebelah kanan atas. Urutan-urutan dalam menyelesaiakan masalah Framer Solution akan ditampilakan.Seperti pada gambar berikut :Gambar 4.        Aplikasi Menu-menu yang tersedia dalam aplikasi ini adalah menu utama.Gambara.    Menu permaiananGambar            Menu permainan ini digunakan untuk menentukan muatan mana yang akan diberangkatakan dahulu dengan ketentuan yang sudah berlalu sebagai aturan permainan.b.    Menu OutputGambar            Menu Outpur adalah menu dimana hasil dari menu permainan yang sudah dipilih pada angka-angka yang digunakan untuk muatan yang diberangkatkan dengan tampil pada output sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk memikurkan muatan yang akan diberangkatkan selanjutnya c.    Menu SolusiGambar            Menu solusi merupakan menu yang diberikan untuk pengguna yang tidak dapat menyelesaikan permasalahan Framer Solution. Sehingga diberikan menu “ SOLUSI” yang berisi urutan jawaban tentang solusi permaianan tersebut.             Jika permainan dijalankan misal dimulai dengan pemilihan angka satu, di klik maka outputnya seperti pada gambar berikut. Dalam gambar tersebut jika permaianan dimulai dengan meng-klik angka satu maka dapat dilihat pada kolom meu output nya akan juga berubah sesuai dengan perintah yang dijalankan pengguna aplikasi dan lanjutakan permainan untuk menyelesaikannya.

Gambar

Ingat jalankan aplikasi sesuai aturan jika tidak maka jika slaha langkah maka hasilnya akan sebagai berikut.

Gambar

 

5.        Fungsi

            Fungsi dari permainan Framer Solution ini merupakan permainan untuk melatih otak dalam mengatur strategi yang baik dalam penyelesaian masalah. Fungsi dari aplikasi framer bertujuan untuk pengetesan IQ pada siswa maupun pengguna aplikasi ini.

Memberi kesempatan pada pengguna aplikasi untuk menggunakan jalan pikirannya pada aplikasi yang sangat sederhana tetapi membutuhkan taktik yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah. Tidak seperti permainan game lain yang hanya ditujukan untuk memenangkan permainan tertentu dengan aturan yang sudah ada. Fungsinya juga menentukan sejauh mana pengguna dapat menyeselsaikan permainan dengan waktu nya sendiri. Untuk mentransformasikan pikiran yang kondisinya tidak stabil, menjadi mau berfikir dengan permainan yang kelihatan mudah dan gampang, dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan dalam hal permainan.

 6.        Kegunaan

            Guna dari aplikasi permainan Framer Solution ini memiliki peran dalam pemberdayaan masyarakat lewat AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) khususnya bidang pendidikan dan pembelajaran edukatif melalui permainan. Disamping itu kegunaan dari aplikasi ini digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang akan datang yang memiliki kecerdasan buatan yang lebih canggih lagi. Dalam permainan ini ditanamkan program yang memiliki pemilihan keputusan yang sudah diberi dalam perintah source coding. Yang memiliki tugas sebagai alur dalam permainan Framer Solution. Sehingga permainan memiliki alur yang dapat diikuti oleh pengguna. Selain itu kegunaan lain dari aplikasi ini adalah sebagai tolak ukur dalam bidang perkembangan ilmu tekhnologi dalam bidang AI yang dalam proses perkembangan aplikasi kecerdasan buatan yang semakin berkembang dalam segala bidang tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi juga pertanian. Kesehatan, ekonomi, maupun kemanan dan pertahan yang digunakan dalam negara.

 7.        Alat

Aplikasi yang digunakan untuk membuat Framer Solution:

1.      Aplikasi Netbeans

2.      Bahasa pemrogramannya adalah Java.

8.        Kekurangan

            Dalam hal ini aplikasi Framer Solution juga memiliki kekurangan yang bisa digunakan untuk cerminan aplikasi yang akan  dibangun  untuk permainan permainan lainnya.

1.      Tampilan yang kurang atraktif.

2.      Penggunaan gambar yang kurang.

3.      Hanya terdapat 1 permainan saja.

4.      Tidak terdapatnya menu help. Bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi ini.

9.        Kelebihan

            Untuk kelebihan aplikasi Framer Solution ini merupakan aplikasi yang dibuat sendiri oleh mahasiswa. Dan dapat didownload dan digunakan dengan free. Di dalam web nya juga terdapat source code bagi programmer yang ingin mengembangkan aplikasi yang ingin menggunakan solusi Framer Solution tersebut. Kelebihannya juga mudah digunakan, simpel, dan menyenangkan. Dapat digunakan untuk pembelajaran siswa siswi yang berada di tinggkat menengah maupun pengguna yang ingin mengetes kemampuan berfikir simpel. Karena aplikasi ini dibuat terlihat sulit tetapi solusi keluarannya yang mudah.

 10.    Sour Coding

            Bagi pada programer yang ingin mengetahui source code Framer Solution disediakan pula farmer-solution-source dalam bentuk zip. Dapat di download pada web yang sudah tertera di awal halaman.

 Gambar

Terdapat 2 Peckages dalam aplikasi ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

 Gambar

Gambar

Daftar Pustaka

http://dimas347.wordpress.com/2009/10/26/kecerdasan-buatan-artificial-intelligence/

 

Tag: , ,

20 responses to “KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) Pada Permainan Framer Solution

  1. Rino

    13 November 2012 at 7:39 pm

    ini kecerdasan buatan tentang metode apa ????

     
    • Dianee Chan

      26 November 2012 at 11:22 am

      itu belum menyangkup metode nya. karena masih contoh Search Algorithm… kalau mau materinya saya punya….

       
      • Faisal

        4 Desember 2012 at 12:23 pm

        boleh minta materinya? kirim ke etsallidot@gmail.com ya terimakasih

         
      • Dianee Chan

        6 Desember 2012 at 8:58 am

        Semoga bermanfaat

         
  2. tata

    9 Januari 2013 at 4:20 pm

    saya mau donk materinya.. tolong kirim ke utami.annisapramarita@gmail.com
    terima kasih banyak yaa🙂

     
    • Dianee Chan

      7 Februari 2013 at 1:25 am

      WAduh maaf utami saya baru lihat…masih butuhkah???

       
      • Diah Malis Oktaviani

        1 Oktober 2013 at 12:53 pm

        kak Dianee saya juga mau donk materinya…tolong kirim ke diahmoe8@gmail.com
        terima kasih

         
  3. Cynthia Hayat

    12 September 2013 at 3:59 am

    saya mau juga materi’y ya…
    tolong krim ke email : shin2_hayat@yahoo.com

     
  4. muhamad heri

    20 Oktober 2013 at 11:57 am

    Saya juga mau materinya,masih adakah?
    kirim ke riri_eut@yahoo.com
    makasih:)

     
  5. arman

    30 Maret 2014 at 3:44 pm

    programnya udah nggak ada lagi mbak
    boleh minta? tolong kirim ke prastiyano@gmail.com kalo boleh

     
  6. Samsul

    6 Mei 2014 at 4:58 am

    boleh minta .exe nya kah? linknya udah gak bisa di sownload😀

     
  7. Ahmad Kamal

    24 Juni 2014 at 7:53 am

    kok aplikasinya udah ga ada yahh…mohon bantuannya..

     
  8. khalil

    2 Oktober 2014 at 6:22 pm

    gan ada source kodenya ndak

     
  9. rama

    9 Oktober 2014 at 6:55 am

    Kalau boleh kirimkan ke ana juga ya ukhti, buat bahan pembelajaran.
    minta tolong di kirimkan ke erycks_smk_im3@yahoo.co.id

    Syukron ya.

     
  10. maulana

    30 Desember 2014 at 4:22 pm

    kalau softwarenya ada tidak kak?

     
  11. alan

    16 Maret 2015 at 7:28 am

    METODENYA PAKE APA YA….

     
  12. amellia marthalena

    31 Maret 2015 at 12:53 pm

    minta sofware nya dong. menarik bahasannya

     
  13. masjo

    25 Mei 2015 at 4:39 pm

    boleh kirim programnya gak mbak ke email saya jrock88337@gmail.com , soalnya link nya uda mati . thx

     
  14. Reza Zulfikar

    22 Juni 2015 at 7:09 am

    tidak bisa d dowload

     
  15. kris Dian

    31 Agustus 2015 at 3:09 pm

    Hay,Gua juga butuh nihh softwarenya,kirimin kesini ya.
    kris.dian0409@gmail.com

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: